Rabu, 21 Oktober 2009

Membuat Keyboard

Mengetik menggunakan keyboard sudah biasa, tapi kali ini kita akan mengetik dengan menekan tombol yang sudah disediakan. Prinsipnya sama seperti kalkulator. Jika tombol pada kalkulator ditekan akan muncul angka, pada tutorial di bawah ini akan muncul huruf.

1. Buatlah sebuah flash document.

2. Buatlah sebuah input text di stage. Seleksi input text tersebut dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan kertas sebagai var dan aktifkan tombol show border around text.

3. Buatlah sebuah persegi berwarna merah dengan hitam sebagai warna garisnya. Seleksi persegi tersebut dan tekan F8. Pada panel yang muncul masukkan kotak_btn sebagai instance name dan button sebagai type lalu tekan ok.

4. Seleksi kotak_btn di stage dan tekan Ctrl+D sebanyak 27 kali.

5. Buatlah 27 buah static text masing-masing bertuliskan huruf abjad a-z, Space, Clear All.

6. Letakkan setiap static text tadi di tengah-tengah kotak_btn. Atur ukuran kotak_btn yang ditempati static text bertuliskan Space dan Clear All menjadi lebih besar.

7. Setelah masing-masing static text terpasang pada seluruh kotak_btn. Atur letaknya sehingga seperti gambar di bawah ini :

ltak-kybord

8. Berikan seluruh kotak_btn di stage dengan instance name seperti gambar di bawah ini :

Arahkan kursor mouse pada salah satu kotak untuk mengetahui instance namenya

9. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :

1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
//membuat variable bernama kertas dengan nilai kosong
kertas = "";
//membuat array bernama yang di dalamnya berisi kumpulan huruf abjad
huruf = ["a", "b", "c", "d", "e", "f", "g", "h", "i", "j", "k", "l", "m", "n", "o", "p", "q", "r", "s", "t", "u", "v", "w", "x", "y", "z"];
//membuat variable i dengan nilai 1 sampai 26
for (i=1; i<=26; i++) {
//membuat variable no di dalam i+"_btn" dengan nilai sama dengan i
_root[i+"_btn"].no = i;
//ketika i+"_btn" ditekan
_root[i+"_btn"].onPress = function() {
//menambahkan nilai pada variable kertas sesuai nilai pada array huruf yang

berdasarkan nilai variable no tombol ini dikurangi 1
kertas += huruf[this.no-1];
};
}
//ketika space_btn ditekan
space_btn.onPress = function() {
//tambahkan spasi di variable kertas
kertas += " ";
};
//ketika clearall_btn ditekan
clearall_btn.onPress = function() {
//nilai variable kertas menjadi kosong
kertas = "";
};
onEnterFrame = function () {
kertas.focusEnabled = true;

};
10. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar